Proposal Bisnis Kayu Jati Unggul - Mahesa Alam Semesta

PT. Mahesa Alam Semesta (MAS) merupakan lembaga usaha swasta yang didirikan dengan maksud untuk saling mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas melalui pembangunan kehutanan secara terpadu. Selain menguntungkan kami sebagai lembaga, menguntungkan pemilik modal  sebagai mitra kerja kami, juga menguntungkan masyarakat sekitar lahan yang telah kami kelola. Saat ini perusahaan kami telah mengembangkan usaha budi daya tanaman jati unggul sejak tahun 2004 yang berlokasi di sekitar wilayah Jember Jawa Timur.

Usaha budidaya jati ini pada awalnya merupakan usaha turun temurun yang kami lakoni sejak tahun 1970-an. Karena terbatasnya teknologi pengembangan pohon jati, usaha keluarga ini belum berkembang secara opitmal mengingat rentang waktu penanaman sampai dengan panen cukup lama (60 tahun). Namun dengan kemajuan teknologi dibidang agrikultur, kini hasil budidaya jati dapat dinikmati hanya dalam kurun waktu 5-15 tahun.

Saya berharap dengan kemajuan teknologi yang ada pada saat ini, usaha jati dapat dipanen lebih cepat sehingga dapat dijadikan suatu usaha yang serius sebagai sandaran kehidupan bagi masyarakat luas, karena selain kayu jati tidak dapat tumbuh disembarang tempat, kayu jenis ini pun memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga kayu kelas satu lainnya. Semoga usaha kami menggabungkan segala komponen masyarakat terlibat dalam usaha ini (investor, ahli kehutanan, professional, masyarakat, petani, dan lain-lain) dapat diterima dan dibantu oleh semua pihak sebagai suatu usaha produktif yang memiliki dampak sosial yang luas.

Nama usaha  :  PT. Mahesa Alam Semesta
Alamat          :  Jl. Saharjo Raya No. 196 Jakarta Selatan 12620
Penulis          :  H. Ahsan Rusidi FAZ, S.H
Pembuatan    :
Phone           :  021-830-9250
Email            :
Web             :
Download    : download pdf